[Opini] Sebuah Catatan Seorang Linuxer

Banner_linux.png

Distro linux sudah berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari yang ditujukan untuk pengguna awam, multimedia, hacking,dll. Dan dalam waktu tersebut semakin banyak pula pengguna linux, entah itu hanya untuk coba-coba atau benar-benar bermigrasi dari OS closed-source ke OS OpenSource (khususnya Distro Linux) .

Tulisan saya kali ini lebih seperti perjalanan menggukan Distro Linux, dimulai dari bagaimana ? kapan ? siapa ? suka duka ? dll?

1. Bagaimana  ?

mandrake_disk-start

Awal berkenalan linux sebenarnya sudah lama sekitaran tahun 2004 (saat itu saya masih duduk 2 SD). Ayah saya dulu sering membeli majalah Komputer , dan suatu hari beliau mendapatkan LiveCD distro Mandrake . Dan iseng saja beliau mencoba di PC, hal pertama yang membuat kagum adalah panel nya berada di atas bukan dibawah (maklum masih kecil belum bisa utak atik wkwkw) terlebih di distro tersebut terdapat game yang cukup unik, karena karakter nya rata – rata adalah seekor penguin . Tapi sayangnya kami hanya menggunakan linux sekitar 2 minggu saja saat itu, dan saya perlahan lupa dengan nya .

Skip skip Tahun 2012 , awal berkenalan dengan dunia cyber. Di tahun tersebut merupakan booming nya hal-hal berbau hack dkk, saat itu saya mempunyai teman yang mempunyai kesamaan ide yaitu “Let’s Install Backtrack R3” . Backtrack kala itu menjadi OS wajib untuk para hacker (katanya) , nah karena ingin mencoba dan saat itu laptop pertama saya (honored mention : Axioo-chan) saya ujicoba untuk menginstall OS tersebut. Hasilnya ? Alhamdulillah sukses , tapi saya masih kagok karena terbiasa click-and-click bukan nya ngetik perintah. HAHAHA !

2. Kapan ?

linux2bdistros2b-2bpicateshackz

Tahun 2004 awal saya berkenalan dengan Distro Linux, 2012 mulai menggeluti dunia Linux, 2013-sekarang menggunakan Distro Linux sebagai OS utama , dan 2014-sekarang masih saya gunakan (single-boot).

 

3. Siapa ?

pcme

Kalau ditanya siapa yang memperkenalkan ya pasti PCMEDIA, Ayah Saya dan teman saya (Honored Mention : Ade Hendra Surya Nugraha). Orang orang yang saya ajak migrasi , masih sedikit setidaknya saya bangga dengan mereka 😀 .

4. Suka Duka ?

Yah bisa dikatakan banyak duka nya , tapi sukanya gak kalah banyak 😀

-Suka

profil
Saya ambil contoh tahun 2015 , pada tahun tersebut saya mengikuti Indonesian Linux Conference yang diselenggarakan di Tegal . Kala itu , saya mengikuti kelas dari Bang Andy Hidayat (Founder BelajarFreeBSD) tentang “Instalasi Web Server dengan FreeBSD dan Drupal” dan kelas dari Bapak Masim Vavai Sugianto tentang “Implementasi Zimbra MailServer” . Dan ketika pulang dari Tegal, saya bertemu dengan Diky Arga (Salah satu Dev Tea Linux) malah kami makan bareng dengan teman teman DOSCOM .

-Duka (BUUAAANYAKKK BANGET)

panico

Mulai dari bingung tentang perintahnya, kok salah satu perangkat tidak berjalan, hingga terjadi salah partisi but that’s okay cause i’m in learning phase. Rata-rata untuk duka dalam hal teknis , untuk non-teknis sendiri ya serangan serangan verbal dari beberapa pihak tapi saya anggap sebagai angin lalu . hahaha

 

5. Tips ?

linux-tips-tricks

Saya sebenarnya sangat buruk dalam memberi tips , tapi kali ini akan saya coba memberi tips nya 😀

– Jangan pernah menyerah , ada error ? cari ke google, insha allah semua jawaban ada.
– Cobalah menjalankan perintah dasar seperti cd, ls, dll secara rutin.
– dll , kan beberapa 2 dulu ya 😀

 

6.BEBERAPA HAL YANG SEBAIKNYA DIHINDARI

think-linux-20031

Sebenarnya saya menulis yang section 6 dikarenan adanya seorang toxic , dimana ia terlalu melebih-lebihkan Distro Linux. Tidak jarang ada beberapa orang yang sesama pengguna linux saling sikut . jadi apa saja sih yang dihindari ?

– Mengejek pengguna Closed-Source , ingat kita harus menghargai para pengguna closed-source.
– Memaksa orang untuk migrasi, karena hal tersebut bisa menyebabkan sakit hati.
– Menyerah.
– Salah dalam memilih distro, ketika kalian salah memilih distro yang terjadi adalah munculnya stigma dalam diri bahwa belajar Linux itu susah.
– Menunda update, max menunda untuk saya sendiri adalah 1 bulan. *untuk hal ini kita harus mencermati isi update .

Conclusion :
conclusion

Mungkin ini bukanlah catatan yang semestinya, ini merupakan catatan untuk saya sendiri bahwa sesungguhnya saya dulunya pernah newbie dan hampir menyerah. Tetapi ada hal-hal yang diluar dugaan membuat saya kuat menggunakan OS berbasis Linux . Jika dibuku tulis kalian ada tulisan “Experience is Best Teacher” berarti kita membeli buku tulis yang sama saya telah mencoba nya dan ternyata itu benar. So Never Stop Learning !

Leave a Reply

